Konsultasi Kesehatan Jantung Melalui SehatQ.com

Apakah Anda memiliki keluarga atau teman yang menderita kelainan jantung? Tahukah Anda bahwa kelainan jantung bisa menjadi pemicu terbesar kematian? Kematian memang takdir, namun penyakit jantung bisa menjadi salah satu penyebab yang sering terjadi pada masyarakat luas. Maka lakukan konsultasi dan buat janji dokter di laman sehatQ.com sesegera mungkin untuk mengetahui kondisi jantung Anda sebelum terlambat.

Dokter yang menangani kelainan jantung biasanya adalah dokter khusus atau spesialis. Dokter  jantung juga biasa dikenal dengan sebutan kardiologi. Dokter khusus kardiologi juga tidak melulu memegang pada satu jenis atau seluruh jenis gangguan jantung. Umumnya spesialis kardiologi ini memiliki bagiannya masing-masing untuk jenis kelainan jantung yang menjadi kemampuannya.

Macam-macam Gangguan Jantung

Masyarakat umumnya hanya mengetahui bahwa ada resiko gangguan jantung pada pola hidup yang tidak sehat. Namun jarang sekali dari kalangan masyarakat tersebut paham jenis-jenis atau macam-macam penyakit jantung yang sering terjadi. Apa saja macam-macam gangguan jantung tersebut? Berikut ini beberapa contoh macamnya:

  • Gagal jantung. Jenis gangguan jantung yang satu ini merupakan kondisi yang mana jantung tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Karenanya disebut sebagai gagal jantung.

 

  • Kelainan vaskular. Vaskular sendiri sering dikenal sebagai pembuluh darah pada arteri dan vena.

 

  • Kelainan jantung bawaan. Biasanya kelainan jantung ini sudah dialami sejak lahir atau keturunan dari keluarga biologis sebelumnya.

 

  • Jantung coroner. Pola hidup yang tidak sehat dan sering konsumsi makanan berlemak, sangat beresiko terserang gangguan jantung coroner.

 

  • Jantung valvular

 

Gangguan pada jantung ini memang ada bermacam-macam. Maka penanganan yang harus dilakukan pun juga ada beragam. Penanganan ini pun hanya bisa dilakukan oleh dokter spesialis jantung yang punya kemampuan sesuai bagian jenis gangguan jantung tersebut.

Jenis Tindakan Kardiologi

Seperti yang dikatakan di atas, gangguan jantung ada banyak macamnya begitu juga dengan tindakan yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Diantara tindakan yang umumnya dilakukan oleh bagian kardiologi adalah:

  1. Angiografi

 

Tindakan ini memanfaatkan sinar X untuk melakukan pemeriksaan pada pembuluh darah yang ada di jantung. Dari aliran pembuluh darah yang berjalan ini, maka dokter bisa dengan mudah mengetahui letak permasalahannya.

 

  1. Katerisasi Jantung

 

Pada tindakan yang satu ini, dokter akan menggunakan selang tipis yang dimasukkan pada bagian arteri atau vena yang ada di jantung. Selang tipis ini akan menjadi alat untuk mendeteksi kondisi jantung pasien. Proses memasukkan selangnya juga bisa melalui tangan, leher, atau bahkan selangkangan.

 

  1. Angioplasti

 

Tindakan angioplasti ini dilakukan untuk membuka arteri koroner yang sudah menyempit. Tindakan ini dilakukan dengan cara non-pembedahan. Saat tindakan ini berhasil, maka aliran darah ke jantung akan menjadi lancar.

 

  1. Implan alat pacu jantung

 

Sesuai namanya, tindakan ini dilakukan untuk membantu pacuan jantung atau ritme jantung yang dinilai tidak normal. Alat pacu jantung ini umumnya diletakkan antara area dada dan perut. Anda mungkin biasanya melihat alat ini pada beberapa adegan film, yang mana jantung pasien mulai berhenti. Sehingga dokter menggunakan alat ini untuk mengembalikan ritme detak jantung.

 

  1. Implan ICD (Implantable Cardioverter Defibrillator)

 

Hampir sama dengan alat pacu jantung, ICD ini juga merupakan alat khusus yang ditanamkan pada bagian perut atau dada pasien. Nantinya alat ini akan mengalirkan listrik atau kejutan ke jantung pasien, sehingga detak jantung pasien bisa kembali normal.

Penyakit jantung memang tidak bisa dibiarkan saja tanpa tindakan dan pengobatan. Jika dibiarkan, gangguan jantung bisa merenggut nyawa Anda bahkan di usia dini. Anda bisa lakukan konsultasi pada spesialis kardiologi terpercaya.

 

Tinggalkan komentar